fbpx
logo
RENTAL TRAIL MALANG & OFF ROAD TOUR ORGANIZER
Jalan Simpang Sulfat Utara 63, Malang, East Java
+628123399902
motoeastjava@gmail.com

Follow us

Membeli Motor Trail Bekas

Membeli Motor Trail Bekas

Hobi motor trail memang bukan hobi yang murah, namun saat ini kaum Adam merasa motor trail sudah menjadi kebutuhan untuk refreshing dan berpetualang. Beragam macam motor trail jenis terbaru kini mudah ditemukan di dealer-dealer sepeda motor, mulai dari merk Jepang hingga Eropa.

 Tapi membeli sebuah unit motor trail baru tentu akan merogoh kocek yang cukup dalam. Belum lagi, Anda harus membeli beragam perlengkapan safety dan aksesorisnya jika ingin membawa motor trail berpetualang. Sudah pasti akan menguras tabungan Anda.

Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, pilihan terbaik adalah mencari motor trail bekas yang masih layak. Anda beruntung jika bisa mendapatkan motor trail bekas yang pernah digunakan oleh rekan-rekan yang sudah dikenal karena sudah pasti plus minus dari tunggangan mereka akan dijelaskan dengan detail.

Lalu bagaimana jika ingin membeli motor trail bekas di penjual-penjual motor ataupun lewat online? Tenang, ada tips dan triknya kok. Yang pertama harus diperhatikan adalah bagian kaki-kaki. Maklum saja, pada motor trail bagian ini paling rawan rusak, apalagi jika sering diajak trabas melahap medan-medan ekstrem.

Untuk pengecekan suspensi dan kaki-kaki, bisa dengan cara langsung menaiki motor dan gunakan untuk bermanuver belok atau menikung, jika terasa oleng saat menikung berarti komponen ada yang rusak. Anda juga bisa melakukan pengecekan secara fisik pada bagian kaki, perhatikan dengan seksama apakah ada kebocoran oli di shockbreaker. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah laher, goyangkan bagian ban dan arm untuk memastikan roda dalam kondisi bagus dan unitrack aman.

Selanjutnya, komponen yang perlu dicek ialah bagian mesin. Gunakan pendengaran Anda apakah ada bunyi kasar saat mesin menyala. Nyalakan mesin tanpa bantuan gas. Setelah menyala, jangan segera gas kencang-kencang. Justru Anda harus melepaskan tanganmu dari motor. Lihat apakah motor bisa langsam (tetap menyala pada putaran mesin rendah/tanpa digas). Motor dengan mesin yang bermasalah nggak akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm. Pastikan juga tidak ada suara kasar yang tak normal dari bagian mesin.

Setelah yakin dengan kondisi mesin, sekarang tunggangi motor dan coba jalankan pelan-pelan. Rasakan perpindahan dari gigi 1 ke 2 dan seterusnya. Apakah halus dan nyaman ataukah keras dan sulit dipindahkan? Gigi yang kasar saat dipindahkan menandakan kampas kopling harus segera diganti. Jika terdengar suara berderik saat dipakai berjalan, maka kemungkinan besar gir atau rantai motor harus diganti.

Selanjutnya periksa bagian kelistrikan. Pilih motor yang elektrik starternya berfungsi normal. Cek juga lampu, klakson dll. Sistem kelistrikan termasuk faktor yang paling vital karena jika ada trouble motor karena kelistrikan bermasalah, penyebabnya sangat kompleks dan harus diperiksa satu-persatu komponennya.

     Nah itu adalah sedikit tips yang bisa kami berikan jika Anda berencana membeli motor trail bekas. Selamat berburu!

sumber: trial game

No Comments

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.