fbpx
logo
RENTAL TRAIL MALANG & OFF ROAD TOUR ORGANIZER
Jalan Simpang Sulfat Utara 63, Malang, East Java
+628123399902
motoeastjava@gmail.com

Follow us

Tips Merawat Suspensi Upside Down

Tips Merawat Suspensi Upside Down

Motor trail terbaru kini rata-rata sudah menggunakan suspensi tipe upside down. Selain tampilannya yang lebih kece, shockbreaker jenis ini  mampu meredam goncangan lebih optimal daripada model lama, yakni teleskopik. Tidak heran jika banderol suspensi upside down lebih mahal dibanding suspensi konvensional. Oleh karena itu, sobat rider wajib memahami perawatannya supaya umurnya awet.

Pada dasarnya suspensi jenis upside down dan teleskopik punya sistem kerja yang hampir sama. Hanya saja, karena posisi gerak suspensi yang terbalik, tentunya perawatan dan perhatian pun berbeda. Jarak main suspensi upside down antara as shock dan tabung shock lebih rendah ke aspal jalan. Dengan posisi suspensi seperti itu biasanya debu atau kotoran mudah menempel di batang shock. Dengan suspensi yang bergerak naik dan turun mengikuti hentakan atau kondisi jalanan, kondisi as shock yang kotor akan bergesekan dengan tabung shock.  Dan jika dibiarkan terlalu lama dalam posisi kotor akan membuat as shock menjadi baret. Tak hanya itu,  debu dan kotoran kotoran yang menempel di seal shock pun akan membuat gejala kebocoran oli suspensi.

Jika terjadi kebocoran oli suspensi dalam jumlah banyak, gejalanya motor menjadi tak stabil saat dikendarai, terutama di bagian depan. Hal ini terjadi karena takaran oli untuk menekan suspensi tak lagi sama antara suspensi bagian kiri dan kanan. Selain itu, efek parahnya bisa saja membuat pengendara terjatuh karena efek rebound yang tak sempurna. Oli suspensi yang bocor jika tidak segera diservis akan terus meresap keluar. Oli akan turun ke bawah kena piringan rem sehingga kemampuan mengerem tidak akan sempurna lagi. Bila bocornya pada suspensi kiri, motor akan oleng ke kanan dan kalau bocornya di kanan akan oleng ke kiri saat direm depan.

Nah jika Anda pemilik motor trail dengan suspensi upside down, selalu perhatikan kebersihan area suspensi, terlebih ketika dipakai di musim hujan ataupun melewati jalanan bergenang. Caranya mudah, bisa dibersihkan dengan sabun dan air mengalir kemudian dikeringkan dengan kain lembut ataupun angin dari kompresor. Sobat rider juga bisa memasang aksesoris tambahan berupa cover shock (shock socks) untuk melindungi as shock dari kotoran. Ok guys, penting untuk diperhatikan nih!

sumber: trial game

No Comments

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.