fbpx
logo
RENTAL TRAIL MALANG & OFF ROAD TOUR ORGANIZER
Jalan Simpang Sulfat Utara 63, Malang, East Java
+628123399902
motoeastjava@gmail.com

Follow us

Peralatan Yang Wajib Dibawa Saat Ngetrail

Peralatan Yang Wajib Dibawa Saat Ngetrail

 

Ngetrail di alam bebas memang mengasyikkan. Tapi, di tengah keasyikan itu tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang berakibat perjalanan terganggu. Bisa saja gangguan itu karena sulitnya kondisi jalan dilalui motor, sehingga membuat pengendara butuh tenaga ekstra untuk bisa melalui rintangan itu. Ada juga penyebabnya muncul dari motor ngadat, baik dari mesin ataupun kerusakan kelengkapan motor yang lain. Tapi akan lebih menyulitkan lagi bila pengendara tidak menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan untuk bisa mengatasi kondisi tersebut.

 

Beberapa peralatan yang perlu disiapkan:

1. Tali (tambang). Ukuran antara 6 sampai 10 meter.
Tali ini bermanfaat ketika dalam situasi jalan ekstrim seperti tanjakan dan turunan terjal, atau motor masuk kubangan lumpur. Dalam kondisi seperti ini, keberadaan tali sangat bermanfaat. Sebab, untuk bisa melalui kondisi jalan seperti itu, akan lebih mudah dan cepat bila motor ditarik dengan tali. Selain itu, bila salah satu anggota rombongan ada yang motornya mogok, tali tersebut dapat difungsikan untuk mengevakuasi dengan cara ditarik dengan motor yang masih sehat. Dengan begitu hambatan perjalanan bisa teratasi.

2. Obeng (plus dan minus)
Berfungsi untuk melakukan perbaikan ringan pada saat terjadi trouble pada kendaraan.

3. Kunci Pas
Kunci Pas/Ring pada umumnya diperlukan untuk perbaikan motor dalam situasi darurat adalah ukuran mulai 8 mm-19 mm.

4. Kabel kopling Cadangan
Fungsi kabel atau sling kopling ini berguna untuk mengganti sling rem atau kopling yang tiba-tiba putus di tengah perjalanan. Karena pemakaiannya untuk bisa mengganti kabel rem atau kopling, maka panjang kabel/sling cadangan yang kita bawa disarankan yang ukurannya paling panjang (untuk motor). Biasanya memakai kabel/sling vespa.

5. Busi Cadangan
Penting banget, karena busi adalah part vital di motor yang kita kendarai. Jika busi bermasalah di tengah jalan, maka perjalanan kita tidak akan terganggu karena tidak harus mencari toko spare part dulu.

6. Kunci Busi
Sesuai namanya, berfungsi untuk membuka busi saat busi bermasalah atau melakukan penggantian busi.

7. Kertas Gosok Halus
Meskipun namanya cukup remeh kedengarannya, tapi barang ini mempunyai fungsi yang cukup vital. Sangat berguna untuk pertolongan pertama saat busi mengalami masalah (kotor karena jelaga mesin) dan harus dibersihkan.

8. Kabel Secukupnya
Kabel ada 2 jenis, yaitu yang berisi serabut dan berisi kawat tembaga. Jika perlu bawa secukupnya 2 jenis tersebut, karena fungsinya akan berbeda. Kabel isi serabut bisa di fungsikan untuk menyambung kabel kelistrikan (termasuk untuk jumper sekering) kita jika sewaktu-waktu putus di tengah hutan. Sedangkan kabel dengan isi kawat tembaga, selain berguna untuk menyambung kelistrikan, juga dapat difungsikan sebagai jumper ke motor lain jika tiba-tiba aki motor teman soak/drop ditengah hutan/jalan. Juga bisa digunakan sebagai pengikat.

9. Cutter atau Pisau Lipat
Keberadaan cutter atau pisau lipat sangatlah penting, untuk memotong tali atau kabel bila ada perbaikan.

Dengan persiapan yang optimal, apapun hambatan yang dihadapi di medan bisa teratasi, terutama jika melalui jalur yang lumayan extreme. Always be prepared!

No Comments

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.